Macam - macam madia tanam hidroponik.


Untuk mendapatkan rockwoll, kita bisa kita membelinya di toko peralatan pertanian hidroponik atau secara online, ada banyak jenis rockwoll bisa kita pilih sesui kebutuhan.


Dalam bertanam secara hidroponik, kita membutuhkan media tanam pengganti tanah,dalam tabel di bawah ini ada beberapa media yang sering di gunakan dalam bercocok tanam secara hidroponik antara lain



  • Rockwool

Rockwool adalah media tanam anorganik yang menyerupai busa,serabut -serabut halus dan bobotnya sangat ringan menurut literatur rockwoll merupakan batuan basalt yang di panaskan pada suhu tinggi sehingga meleleh dan mencair sampai terbentuk serabut.
                 




  • Cocopeat atau coir

Adalah media tanam yang bersifat organik, biasaya cocopeat terbuat dari serbuk kelapa, terkadang cocopeat ini di campur dengan sekam bakar,selain ramah lingkungan cocopeat memiliki daya serap air yang bagus.



  • Arang sekam

Tinggal di indonesia membuat kita sangat mudah mendapatkan arang atau sekam ini, biasanya kebanyakan orang mencarinya di tempat bakar bata harganya pun sangat ekonomis, sekam tidak hanya di gunakan untuk pertanian hidroponik,tapi uga bisa digunakan untuk pertanian konvensional.



  • Perlite

Merupakan salah satu media tanam yang cukup baik dan memiliki daya serap yang sangat bagus, media ini terbuat dari batuan silica yang di panaskan pada suhu yang sangat tinggi.


  • Hydroton

Hydroton atau di sebut juga dengan expanded clay adalah media tanam untuk hidroponik, media tanam ini terbuat dari bahan dasar lempung ( tanah liat), yang di panaskan dan di bentuk bulat - bulat kecil,selain memiliki pori - pori yang dapat menyerap air bentuk bulatan tersebut juga aman karna tidak memiliki resiko merusak akar tanaman.




  • kerikil 

Kerikil ternyata juga bisa di gunkan untuk media tanam hidroponik.









Terimakasi
Jangan lupa coment ya......



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menanam Strawberry dengan Sistem Hidroponik

Alat - alat yang di persiapkan untuk pembuatan instalasi hidroponik.

Cara Bertanam Sayur Buah Tomat Secara Hidroponik.