Cara Bertanam Sayur Buah Tomat Secara Hidroponik.

Cara Bertanam Buah Tomat Secara Hidroponik


Tomat adalah salah satu jenis sayur buah yang dapat di tanam secara hidroponik, Dengan menanamnya secara hidroponik kualitas buah tomat akan jauh lebih baik dan bebas hama.

Contoh Gambar.




Persiapan Menanam.

Sebelum memulai menanam sayur buah tomat secara hidroponik, hal pertama yang perlu anda siapkan adalah alat atau instalasi hidroponik dan bahan media pendukung untuk meanam secara hidroponik antara lain Tempat Instalasi,netpot,rockwoll,nutrisi, bibit dan alat elektronik untuk mengukur unsur hara dalam air.


  • Pilihlah benih yang berkualiatas yang dijual di toko pertanian atau secara online, Setelah mendapatkan benih tersebut, maka tebarkan benih tersebut ke rockwoll yang sudah di potong sesuai ukuran netpot dan di taruh di dalam lampan,jangan lupa rockwoll di basahi terlebih dahulu ( di rendam ).

Contoh Gambar.
  • Setelah di semai tunggu sampai 12 hari taruh tanaman tersebut di tempat atau ruangan yang cukup cahaya agar benih tomat tearsebut tumbuh dengan baik, jangan lupa anda harus mengontrol kelembapan air pada rockwoll tersebut selama 12 hari.
  • Siapkan Netpot dan nutrisi, jika tanaman sudah berusia 12 hari maka tanaman siap di pindahkan kedalam netpot atau tempat yang sudah disiapkan susuai model instalasi yang anda buat.

Perawatan dan Pemanenan.

Menanam buah tomat dengan sistem hidroponik sangatlah mudah anda hanya memerlukan ketekunan dan perawatan, 

Pertama gunakan nutrisi khusus untuk sayur buah ini mudah di dapatkan ditoko online, untuk kadar larutan/nutrisi dalam tanaman tomat ini usia 12 hari semai sampai 20 hari berkisar 650 - 750 ppm, 20 - 30 hari 750 - 900 ppm, 30 -35 hari 900 -1100 ppm, ini perlu anda cek setiap 3 hari sekali karna kadar nutrisi biasanya berkurang,tugas anda hanyal mengembalikan kadar nutrisi tersebut seperti semula.

Kedua perhatikan apakah ada hama atau penyakit yang mengintai dalam pertumbuhannya,tanaman tomat hidroponik ini akan lebih baik jika tidak terkena hujan langsung atau anda mempunyai Greenhouse, hal ini untuk mengurangi resiko penyakit pada tanaman yang menyebabkan tanaman menjadi busuk.

Ketiga Biasanya pada usia 30 hari tomat akan mulai memunculkan bakal bunganya, agar tanaman bisa berdiri tegak anda memerlukan tali sebagai penyangganya, setelah bakal bunga muncul sebaiknya anda menambah kadar nutrisi kisaran 950 -1100 ppm  karna saat proses menjadi buah tanaman tomat ini memerlukan banyak nutrisi.

Keempat Untuk pemanenan sendiri biasanya membutuhkan waktu paling lama 2 bulan,tapi jika anda melakukan perwatan dan pemberian nutrisi dengn benar usia 40 hari anda sudah bisa penen, jika buah sudah mulai muncul tuggu buah sampai merah baru anda bisa memanennya.


Catatan
  • Usahakan instalasi hidroponik yang anda miliki, memiliki atap yang terbuat dari fiber.




SALAM SUKSES.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menanam Strawberry dengan Sistem Hidroponik

Alat - alat yang di persiapkan untuk pembuatan instalasi hidroponik.